Bagaimana cara menggunakan Google Analytic?

Bagaimana cara menggunakan Google Analytic?

Bagaimana cara menggunakan Google Analytic? Google Analytic adalah salah satu tools yang bisa memberikan anda akses yang sangat baik untuk melihat aktifitas di blog anda. Masalahnya adalah banyak blogger yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Jadi kali ini saya akan menjelaskan tentang manfaat Google Analytic.

Saya anggap saudara sudah mempunyai akun Google Analytic. Jika belum maka tidak perlu lanjut membaca artikel ini. Silahkan baca dulu artikel cara mendaftar Google Analytic. Sedangkan bagi anda yang sudah memiliki akun mari kita langsung mulai. Pembahasan saya akan terbagi dalam 2 poin utama:
  1. Bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk mengamati Karakter Pengunjung?
  2. Bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk mengamati  Performa Artikel?

#1 Bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk mengamati karakter Pengunjung?

  • Silahkan login dan anda akan masuk ke Account Home dari Google Analytic anda. Klik akun blog yang ingin anda amati aktifitasnya.
  • Akan ada dropdown yang memunculkan nama akun, silahkan klik sekali lagi.
  • Anda akan dibawa masuk ke dalam halaman blog anda, pada sesi Visitors Overview. Pada laman ini anda bisa melihat sebuah grafik besar yang memperlihatkan laju pertambahan pengunjung blog anda dari hari ke hari.
  • Jika anda baru belajar SEO, maka jangan panik dengan lekuk naik turun, karena itu alami sekali. Memang terjadi naik turun setiap minggu. Biasanya puncak trafik hari selasa dan rabu, dan trafik terendah dalam seminggu pada sabtu dan minggu .... jadi santai saja.
  • Lanjut ke bawah akan ada laporan berapa orang yang sudah mengunjungi blog anda sejak kode tracker dipasang, dan dibawahnya ada penjelasan detil dari jumlah tersebut.
    • VISITS adalah penjelasan berapa keseluruhan kunjungan
    • UNIQUE VISITORS adalah jumlah pengunjung tanpa memperhitungkan kunjungan balik
    • PAGEVIEWS adalah jumlah laman yang dibaca
    • PAGES/VISIT adalah rata-rata laman yang dibaca per kunjungan, semakin besar nilainya berarti semakin berkualitas artikel anda. Jika belum cobalah menulis artikel dengan gaya bahasa yang lebih menarik, dan jangan selesaikan satu masalah dalam satu artikel sebaiknya bgi penjelasannya di artikel lain (mengarahkan pengunjung untuk membuka artikel lain)
    • AVERAGE VISIT DURATION adalah lamanya waktu per kunjungan
    • BOUNCE RATE adalah persentase pengunjung yang hanya membaca satu halaman. Semakin kecil nilai ini semakin baik
    • % NEW VISITS adalah persentase pengunjung yang baru datang ke blog anda. Itu berarti sisanya adalah pengunjung setia blog anda yang datang berkali-kali.
  • Anda juga diberi diagram lingkaran untuk memperlihatkan berapa pengunjung baru dan berapa pengunjung yang kembali untuk kesekian kalinya. Pengunjung baru menandakan kesuksesan optimisasi offpage anda, sedangkan pengunjung kembali menandakan kesuksesan kualitas artikel anda. Normalnya adalah 80:20, jika kurang dari 20 persen artinya perlu peningkatan kualitas artikel.
  • Di bawah layar ini masih ada Demographic, System, dan Mobile yang akan memperlihatkan kepada anda asal kunjungan, dan karakteristik gadget yang digunakan mengunjungi blog anda.
Demikianlah Google Analytics menyajikan data Karakter Pengunjung. Mudah-mudahan anda sudah paham bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk keperluan anda. Buatlah pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti: Kenapa mereka cuma membuka satu halaman? Kenapa mereka jarang yang kembali? Kenapa mereka cuma sebentar saja membaca artikel lalu pergi?
Jika anda tidak menemukan alasannya cobalah bertanya di forum-forum facebook, atau di Yahoo! Answer untuk mencari tahu apa yang salah dengan blog anda.

#2 Bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk mengamati  Performa Artikel?

  • Pada bagian sidebar kanan pilih CONTENT lalu OVERVIEW.
  • Di bagian bawah OVERVIEW anda akan melihat 10 artikel terlaris dari blog anda.
  • Klik di sidebar kanan PAGE TIMING, akan terbuka tabel baru yang memperlihatkan 10 artikel tadi beserta nilai bounce ratenya. Perhatikan artikel yang paling atas, dan pastikan bounce ratenya dibawah 80%. Sayang sekali jika artikel terlaris anda tidak mengarahkan pengunjung untuk membuka artikel-artikel yang lainnya.
Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk melihat aktifitas pengunjung dan performa artikel. Anda bisa menggunakan pengetahuan itu untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, jika anda adalah seorang pebisnis online, anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan penjualan.

Komentar