Terima Kasih Hostgator, Selamat Datang Masterweb

Blogdiar.biz sudah pindah dari hostgator tiga hari, terhitung dari hari Jumat 27/7/12 sampai tulisan ini dibuat. Tidak ada masalah dengan hostgator, saya benar-benar puas dengan performa dan support dari hostgator.
Jika kamu tertarik dengan hostgator, kamu bisa mendapatkan cashback, caranya di sini.
Lalu kenapa saya pindah hosting?
Menurut catatan-catatan yang masih ada. Blogdiar.biz online sejak November 2010, sejak tanggal itu pula saya install wordpress di blog ini dengan host di Hostgator dan tumbuh.

Alasan Saya Pindah dari Hostgator

Saya registrasi di Hostgator terhitung sejak Januari 2010, tidak ada yang salah sampai sekarang. Malahan saya sangat puas. Blog-blog dan satu website saya di host dengan baik, hampir 100% up time.
Sebelum saya sewa hostgator saya punya berbagai pengalaman tentang hosting. Berikut saya ceritakan pengalaman saya.
Dimulai dari Masterweb
Dulu, ketika saya memutuskan blogging serius, saya memutuskan untuk tidak memakai blogger lagi sebagai platform blog dan memulai wordpress untuk pertama kalinya.
Host pertama saya saat itu adalah Masterweb. Tidak ada yang salah dengan masterweb, hostingnya cepat dan memuaskan. Namun saya kira supportnya kurang.
Setelah memakai wordpress untuk pertama kalinya, saya benar-benar suka. Sayangnya saat itu saya punya hosting hanya untuk satu domain. Sedangkan saya memiliki tiga domain.
Karena alasan itulah saya memaksakan memakai Hostgator paket Baby Plan. Dari situlah awal saya memakai Hostgator. Namun tidak hanya hostgator. Saya juga pernah memakai servis Mocahost dan Jagoan Hosting.
Alasan saya memakai Jagoan Hosting saat itu adalah ‘visitor’, maklum blog ini berbahasa Indonesia. 98% visitor blog ini pula berasal dari Indonesia. Saya ingin agar visitor saya nyaman dan dapat membaca blog ini dengan cepat.
Namun apa yang saya dapat?
Dari 1000-2000 visitor per hari drop menjadi 100-an visitor per hari. Yah, saat visitor 1000-an saya memakai servis Hostgator dan 100-an saya memakai Jagoan Hosting.
Kenapa bisa drop?
Meskipun baru beberapa hari hosting di Jagoan Hosting, saat itu saya memutuskan untuk memindahkan kembali blog ini ke Hostgator. Saya tidak mau ambil resiko trafik blog ini terus turun.
Ternyata setelah saya periksa di Google Webmaster Tools. Link-link blog saya banyak yang error, googlebot tidak bisa mengakses blog saya.
Hostgaotr dan Kembali Masterweb
Sejak saat itu sampai hari Jumat lalu (27 Juli 2012) saya kembali lagi ke Hostgator lama saya. Meskipun trafik saya pernah menemus 18000 dalam sehari, Hostgator tetap bisa menanganinya tanpa down. Padahal saya memiliki tiga domain di Hostgator.
Seiring dengan waktu, trafik blog ini terus naik. Meskipun masih belum bisa dikatakan besar, saya memutuskan untuk memindahkan kembali blog saya ke server Indonesia.
Yah, saya pernah merasakan internet yang hanya memiliki koneksi hanya untuk IIX. Saat itu yang hanya bisa saya akses adalah portal-portal yang berlokasi di Indonesia saja, seperti IDWS dan Kaskus. Saya sama sekali tidak bisa membuka Blog ini.
Atas alasan itulah saya memutuskan pindah lokasi server lagi, saya tidak mau ada orang yang tidak bisa mengakses blog ini.
Lagi pula setelah tiga hari terakhir ini, saya bisa merasakan perbedan cepat aksesnya bahwa server Indonesia lebih cepat diakses dibandingkan server luar.
Lalu bagaimana dengan googlebot? Apa dia masing bisa mengkases blog ini? tenang, alasan saya memakai Masterweb adalah akses dari luar juga.
Masterweb sudah menyediakan bandwidth unmetered untuk IIX dan 100GB untuk IX untuk paket shared Hosting blog ini. Artinya, sudah lebih dari cukup untuk googlebot mengakses blog ini.

Kontrak saya dengan Hostgator belum habis, dan beberapa blog saya yang lain masih saya host di sana. Kebetulan salah satunya blog bahasa Inggris saya. jadinya tidak saya pindahkan.
Saya sangat puas dengan Hostgator, dari performa sampai supportnya sangat bagus. Saya tidak ragu untuk merekomendasikan Hostgator.

Komentar