Review Iklan SITTI: Apakah PPC Terbaik?


Satu lagi PPC terbaik Indonesia, kali ini bernama SITTI. SITTI bukan nama perempuan, tetapi nama sebuah media periklanan. Iklan SITTI bersifat kontekstual, sama seperti adsense.
SITTI lahir ketika dunia PPC Indonesia sedang ramai-ramainya, yaitu setelah idBlogNetworks dan sebelum Adsense support bahasa Indonesia. SITTI sendiri mengklaim bahwa iklan SITTI lebih relevan daripada iklan Adsense.
Sudah lebih dari 529 UKM bergabung dengan SITTI, ini menjadi pertanda yang baik karena pada umumnya mereka yang bergabung bukanlah perusahan kecil, sering kita lihat iklan dari sony, CIMB, HSBC, dan brand besar lainnya.

Tentang Iklan SITTI

Yang menarik dari SITTI adalah pernyatan dari CEO nya kepada google, Andy Sjarif,
Hey, Google. Silahkan datang ke Indonesia. Kami siap bersaing dengan Anda!“.
Benar ternyata, Google langsung datang ke Indonesia dan pada bulan Februari 2012 Google adsense secara resmi telah mendukung bahasa Indonesia. Ini menariik, karena siapapun yang menang, publisher tetap yang paling diuntungkan.
Iklan SITTI mereka tidak sembarangan, karena mereka sudah mengujinya sendiri. Dari pengujian itu bisa dilihat bahwa iklan SITTI lebih relevan dari Google Adsense.
BrandSITTIGoogle
Impresion88,5%11,5%
Click51%49%
CTR64,06%20,87%
Ukuran iklan SITTI sangat banyak, kita bisa menyesuaikan dengan layout blog/website kita.

Masalah Iklan SITTI tidak Muncul

Perlu saya akui bahwa SITTI adalah salah satu PPC terbaik di Indonesia selain KlikSaya.com, PPCIndo, dan AdsenseCamp. Iklan SITTI relatif lebih aman dan sehat jika dibandingkan PPC Indonesia lainnya.
Namun masalahnya, banyak blogger yang mengeluhkan bahwa iklan SITTI sering tidak muncul. Kenapa iklan SITTI tidak muncul?
Dalam FAQ Publisher SITTI, kita bisa lihat jawabannya:
Mengapa iklan yang tampil di website/blog saya selalu iklan dari SITTI sendiri “Ingin iklan Anda di sini?”?
Iklan dengan teks “Ingin iklan Anda di sini?” merupakan iklan default SITTI yang akan selalu muncul apabila belum ada iklan advertiser SITTI yang kata kuncinya sesuai dengan kata kunci pada halaman website/blog Anda.
Apabila sudah ada iklan SITTI yang kata kuncinya sesuai dengan kata kunci pada halaman blog Anda, maka mesin SITTI akan secara otomatis menampilkan iklan tersebut di website Anda.

Iklan SITTI selalu tampil di website/blog saya, iklan yang tampil adalah “Ingin iklan Anda di sini?”. Mengapa impresi saya selalu 0?
Iklan dengan teks “Ingin iklan Anda di sini?” merupakan iklan default SITTI, yang akan selalu muncul apabila belum ada iklan advertiser SITTI yang kata kuncinya sesuai dengan kata kunci pada halaman website/blog Anda.
Jika iklan tersebut yang tampil di website/blog Anda, maka tidak akan menghasilkan impresi.

Saya sudah pasang slot iklan SITTI dan iklan SITTI sudah tampil di web/blog saya. Teks iklanya adalah “Ingin iklan Anda di sini?”. Mengapa pada laporan slot iklan saya tertulis slot iklan aktif = 0?
Iklan dengan teks “Ingin iklan Anda di sini?” merupakan iklan default SITTI, yang akan selalu muncul apabila belum ada iklan advertiser SITTI yang kata kuncinya sesuai dengan kata kunci pada halaman website/blog Anda.
Slot aktif akan memiliki nilai tidak sama dengan nol jika H-1 (kemarin/1 hari sebelum Anda mengakses laporan di SITTIzen), ada pengunjung website/blog yang mengakses/membuka halaman website/blog yang berisi iklan advertiser SITTI, dan jika yang tampil adalah iklan default, maka dianggap slot aktif = 0.
Tiga kali mereka menyebut bahwa iklan mereka muncul jika terdapat keyword yang relevan. Jika tidak ada, iklan yang muncul adalah iklan default SITTI. Iklan deffault SITTI tidak masuk hitungan impresi dan penghasilan.
Sebagai seorang publisher tentu hal ini merugikan, karena kita sudah menyediakan slot untuk mereka.
Artinya, masih sedikit advertiser yang bergabung dengan SITTI.

Pembayaran SITTI

Sistem pembayaran SITTI adalah 40% untuk SITTI dan 60% untuk publisher. Kita akan dibayar begitu mendapat minimimum Rp 100.000,- dan akan dibayarkan 60 haru setelah menyentuh batas minimum.
Menurut mereka, harga CPC SITTI minimal adalah 600 rupiah, tergantung dari tingkat persaingan. Tetapi, pernah ada seorang publisher yang mendapat Rp 30.000,- hanya untuk 3 klik. Artinya, bisa jadi harga satu klik di SITTI mencapai Rp 10.000,-.

Kesimpulan tentang Iklan SITTI

SITTI merupakan salah satu iklan kontekstual terbaik di Indonesia. Mereka hadir melihat peluang iklan kontekstual Indonesia yang terbilang ‘iklannya tidak sehat’. Bagaimana tidak, kebanyakan iklan kontekstual Indonesia menawarkan iklan “Alat Sex, alat pembesar, HYIP, dll”.
Iklan kontekstual SITTI sangat menarik untuk diikuti, iklannya bersih dan sehat. Harga perkliknya pun terbilang tinggi untuk PPC Indonesia. Permasalahan seringnya iklan SITTI tidak muncul hanyalah persoalan waktu.

Komentar