PENGARUH USIA BLOG PADA PERINGKAT GOOGLE?

PENGARUH USIA BLOG PADA PERINGKAT GOOGLE?

Apakah usia blog mempunyai pengaruh pada peringkat Google? Sebenarnya bukan masalah usia tetapi reputasi dari blog yang memperngaruhi peringkat. Blog yang sudah berumur bukanlah saingan jika reputasinya buruk. Tetapi jika reputasi blog tersebut sangat baik, maka tentu saja bisa jadi saingan yang luar biasa kuat.
Lalu reputasi blog yang sudah berusia itu di dapat dari mana? Sebenarnya ada banyak sekali tolak ukurnya, tetapi dua yang paling mencolok adalah rutinitas updatenya, dan tentu saja backlinknya. Sebuah blog yang rutin melakukan update, dan mendapat banyak backlink, tentu saja akan menjadi prioritas utama mesin pencari.
Keistimewaan blog yang sudah memiliki reputasi bisa terlihat dari kata kunci yang dikuasainya. Kata kunci pendek yang sangat mahal pada umumnya dikuasai blog bereputasi. Lalu bagaimana blog baru dengan usia masih muda bisa bersaing dengan blog berumur? Cuma ada satu jalan, yaitu mengoptimalkan kata kunci panjang / Long tail keywords. Jangan sekali-kali memaksa kata kunci pendek, karena anda akan setengah mati dibuatnya.
Sebagai contoh, jika saudara punya blog untuk jualan pulsa elektrik jangan coba-coba optimasi kata "pulsa elektrik". Adalah lebih baik jika saudara mengoptimasi kata "Jual Pulsa Elektrik Semua Operator" atau "Jual Pulsa Elektrik Harga Paling Murah" atau "Bagaimana cara jadi distributor pulsa elektrik". Jadi daripada sibuk optimasi kata kunci pendek, lebih bermanfaat jika saudara membuat banyak artikel dengan variasi-variasi dari kata pulsa elektrik tadi.
Lalu bagaimana dengan kontes SEO? Bukankah di situ kata kuncinya panjang? Hehehe...benar sekali kata kuncinya panjang, tetapi kompetitornya adalah para empu yang meluncurkan blog andalannya. Blog andalan itu sudah diperkuat dengan begitu banyak backlink yang didapat dengan berbagai macam cara.

Ada yang mendapat backlink dengan menyebar template blog, komentar di forum, komentar di blog dofollow, kometar di shoutbox, komentar di halaman dinamis, tukaran link, posting di situs social bookmark, dan masih banyak lagi. Ibaratnya anak kecil masuk turnamen bela diri yang diisi para master .... siap-siap saja terkesima melihat para master bisa mendapat puluhan ribu backlink dalam semalam.

Walaupun kadang optimisasi onpage yang dilakukan tidak maksimal, tetapi dengan dukungan begitu banyak backlink, maka otoritas blog tersebut sulit ditolak Google. Untuk mempelajari cara mendapatkan backlink silahkan baca artikel Cara Mendapatkan Backlink. Ok, Sekian dulu artikel yang membahas pengaruh usia blog pada peringkat di Google. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

Apakah Usia Blog Berpengaruh?

Komentar