Inilah Alasan Kenapa Permohonan Adsense Ditolak Google

Saya yakin setiap blogger memimpikan menghasilkan uang dari blognya, entah apa itu programnya saya tidak tahu. Bisa saja itu bermain PPC, paid review, atau jualan link.
Kebanyakan dari blogger memilih afiliasi dan PPC, untuk affiliasi saya tidak akan membahasnya ditulisan ini.
Program PPC menjadi favorit bagi kebanyakan blogger, apalagi blogger baru (newbie). Salah satu favorit program PPC adalah google Adsense. Selalu munculnya iklan dan kualitas advertiser menjadi alasan.
Bukan hanya itu, alasan Adsense menjadi pilihan adalah reputasinya yang baik, review yang bagus, dan banyaknya testimonial, seperti “How to get $1000 per month from adsense”, dll.
Tetapi, mimpi seorang newbie itu terhenti ketika lamaran surat Adsense-nya ditolak. Lalu mereka bertanya
“Apa yang salah, kenapa bisa ditolak?”

Alasan Seorang Blogger Ditolak Adsense

Google tidak menerima permohonan baru pasti ada alasannya. Sekarang, goole lebih ketat dalam menerima user adsense. Ada alasan tentu dibalik penolakan itu.
Alasan yang paling bisa saya lihat adalah untuk mengurangi spam, akun palsu, dan low quality content. Oke saya bahas satu per satu.
SPAM
Definisi SPAM adalah pesan yang tidak diinginkan. Nah, untuk mendaftar adsense pastikan kamu serius, jangan main-main. Kebanyakan blogger baru memiliki alasan mencoba dan terus mencoba tanpa tahu apa yang harus mereka perbaiki.
Kasus ini saya yakin google mengetahuinya. Sampai pada terakhirnya jika google sudah bosan, kamu akan mendapat pesan seperti di bawah.

Account Not Active
An AdSense account does not exist for this login, as it is associated with an unapproved application. For more information about your application, please review the message we sent to the email address you provided with your application.
Kalau sudah begitu, saya sarankan kamu menyerah. Adsense tidak mungkin menerima lagi blog kamu.
Baca: Pengalaman Saya Daftar Adsense Diterima dan Ditolak.
Kalaupun ingin mencoba lagi, gunakan fresh email dan blog yang baru.
Fake Account
Nah, kasus ini sekarang lagi rame. Google bukan tidak tahu tentang pihak-pihak yang menjual adsense, tetapi google diam.
Jika kamu memasukan data palsu saat mendaftar, resikonya pembayaran kamu tidak akan pernah bisa diproses. Tetapi kasus ini lain, akunnya asli, tetapi setelah itu dijual belikan.
Memang apa yang salah?
Sampai sekarang saya tidak tahu bagaimana orang yang menjual akun adsense itu bisa mendapatkannya dengan cepat.
Tetapi yang pasti, setelah adsense itu dipindah tangankan pastinya script iklannya akan ditempelkan di blog yang membeli tadi. Ada dua kemungkinan, di-baned atau masih diberi kesempatan.
Dibaned, artinya blog yang dipasang oleh sipembeli tidak memenuhi syarat dan kriteria adsense. Atau bisa jadi ada alasan lainnya.
Diberi kesempatan, artinya adsense memberi kamu periode untuk membuktikan bahwa blog kamu memang sesuai kriteria. Tetapi biasanya ada kasus seperti ini, ketika sipembeli hampir mencapai minimum payment, adsense dia di-banned.
Low Quality Content
Nah, alasan ini menjadi alasan yang populer bagi blogger Indonesua. Sekali lagi, saya sarankan baca tulisan saya yang satu ini “Pengalaman Saya Diterima Adsense“.
Jadi seperti apa High Quality Content itu?
Kamu bisa membacanya langsung dari google ini. Singkatnya, konten yang berkualitas adalah konten yang tidak banyak topok, informatif, bukan copas, dan bisa dimengerti oleh manusia.

Menunggu Waktu Sampai 6 Bulan?

Sekarang, jangan paksakan blog baru kamu didaftarkan. Jika benar-benar baru, sebaiknya kamu bangun dulu tulisan dan trafik. Ada poin yang mengatakan jika blog yang harus didaftarkan umurnya minimal 6 bulan, tetapi bukan untuk blogger Indonesia.
Lah, terus kenapa?
Baca Eligibility to participate in AdSense, di sana ditulis bahwa untuk beberapa negara ada syarat khusus minimal 6 bulan baru bisa didaftarkan. Tetapi, setalah saya membaca kesuluran TOS untuk Indonesia, Indonesia tidak termasuk.
Alasan kenapa google rasis adalah isu spam dan banyaknya tindakan kecurangan blogger di negara tersebut.

Kesal? Frustasi Ditolak terus Adsense?

Sudah berapa kali kamu ditolak adsense dan sudah berapa kali kamu di-approve adsense?
Kabar baiknya, kamu tidak sendiri. Sekarang, di Indonesia, sudah banyak program PPC lokal yang memberikan bayaran yang bahkan lebih besar dari Adsense. Sayangnya, untuk CTR masih menang adsense.
Saya tidak akan membicarakan PPC recehan dengan iklan pembesar “anu”, PPC ini benar-benar berkualitas dan saya sendiri sangat menyukai PPC tersebut. Kamu bisa membaca tulisan saya dahulu tentang PPC Premium Lokal.
Berikut review singkat tentang PPC tersebut:

IdBlogNetwork

( + ): Harga klik CPC tinggi, memiliki program CPT (Cost per tweet), PTR (Post to Review), Video Banner Ads, dan PPL (Pay per Lead).
( – ): Sedikit advertiser, Jarang mendapatkan iklan, tidak ada CPM.

AdPlus

( + ): Harga klik CPC dan CPM tinggi, PPL, Banyak Advertiser, Iklannya Beragam,ada statistik iklan.
( – ): Proses pembayaran agak rumit, syarat mendaftar tinggi.

AdStars

( + ): Harga klik CPC dan CPM tinggi, PPL, Advertiser relatif stabil, Iklannya Beragam, ada statistik iklan.
( – ): Proses pembayaran agak rumit, syarat mendaftar tinggi.

Innity

( + ): Harga klik CPC dan CPM tinggi, PPL, CPE, Advertiser sangat banyak, Iklannya Beragam, ada statistik iklan.
( – ): Proses pembayaran sering telat, syarat mendaftar tinggi.

Saya harap tulisan ini bisa menjadi jawaban kegalauan rekan blogger yang masih belum di-approve adsense. Saya senang bisa membantu, jika ada yang ditanyakan jangan sungkan berkomentar.

Komentar