IDC Duren Tiga Terbakar, Ngeblog!, IDWS, detik.net, dll Offline.

Akhirnya blog ini up lagi.
Kemarin ngeblog.co tidak bisa diakses, tetapi bukan hanya ngeblog.co saja. Beberapa website besar lIX juga tidak bisa diakses. Seperti IDWS, Detik, KapanLagi, dan website lainnya yang memakai data center IDC duren Tiga.
Sebenarnya ada apa dengan Indonesia Data Center duren tiga atau IDC Duren Tiga?
Ngeblog! sendiri offline sejak sekitar pukul 20.30, tadinya saya curiga dengan koneksi saya, tetapi setelah saya cek, memang benar server ngeblog.co sedang offline.

IDC duren 3 Terbakar
credits to uploader
Setelah beberapa jam kemudian, saya mendapat berita bahwa terjadi gangguan pada Data Center Duren Tiga (3D) (IDC Duren Tiga). Hal itu disebabkan oleh UPS Data Center yang terbaka di lantai dua. Hal ini sekaligus membuat jaringan IIX yang melwati OpenIXP, seperti web hosting dan ISP menjadi offline.
Penyebab kebakaran pada IDC Duren Tiga adalah karena hububngan arus pendek pada UPS central.
Akiat yang bisa dirasakan secara langsung, terbakarnya UPS Data Center Duren Tiga, website-website IIX tidak bisa diakses, seperti IDWS, detik, IdBlogNetworok, KapanLagi, dan, Ngeblog!, serta lainnya.
Hal ini merupakan bencana internet nasional. Semoga semua website yang memakai data center IDC duren tiga selamat.
Dengan kejadian ini saya juga megitu menyadari pentingnya backup rutin. Semoga hal yang terjadi pada IDC Duren Tiga tidak terulang lagi di kemudian hari.

Komentar