Cara Mudah Membuat Blog WordPress Self Hosting di Hostgator


Saya yakin kamu sudah tahu betul bagaimana cara membuat blog, tetapi saya akan tetap menulis bagaimana cara membuat blog, khususnya di Hostgator.
Ada dua cara mudah membuat blog di Hostgator, yaitu dengan Fantastico De Luxe dan dengan Quick Install. Kedua software itu sudah ada pada hostgator, artinya kamu tidak perlu menambah add-ons pada cPanel kamu di hostgator.
WordPress Apa itu hosting dan domain?
  • Hosting dan domain adalah …
Kenapa saya merekomendasikan hostgator?

Cara Membuat Blog dengan Fantastico De Luxe

Apa itu Fantastico De Luxe? menurut cpanel-host.com/fantastico/ Fantastico De Luxe adalah:
Fantastico De Luxe is an amazing cPanel/PHP based Web application. It integrates with cPanel and gives you and your clients the ability to automagically install below listed popular Open Source Applications. With Fantastico the installation procedure of all of the following scripts takes only seconds and can be performed by novices without the need of setting up MySQL databases, importing structure, chmoding files and without the need of other tasks.
Singkatnya, dengan Fantastico De Luxe adalah alat agar kita bisa meng-install berbagai CMS populer tanpa harus repot mengurus database atau lainnya.
Langkah-Langkah Membuat Blog dengen Fantastico De Luxe
Pertama, kamu harus menyiapkan domain. Ambil contoh http://domainkamu.com. Setelah itu isi Name Server domain kamu dengan Name Server yang diberikan hostgator. Biasanya namanya nsxxx.hostgator.com.
Masuk cPanel, lalu klik icon Fantastico De Luxe pada Sofware/Services.

Fantastico De Luxe
Add caption
Fantastico De Luxe
Kedua, pada menu Fantastico De Luxe. Pilih Blogs, lalu pilih platform Blogs yang ingin kamu install. Saya ambil contoh wordpress.
Klik new installation. Lalu klik Install WordPress.
Lalu klik Finish Installation. Selamat kamu sudah berhasil membuat blog, masukan email kamu untuk mendapatkan rincian data-data kamu.

Cara Membuat Blog dengan QuickInstall

QuickInstall adalah aplikasi yang sejenis dengan Fantastico De Luxe, yang bisa kamu temukan di Hostgator. Hanya saja QuickInstall masih bersifat Beta.
Langkah-Langkah Membuat Blog dengen QuickInstall
Sama seperti Fantastico De Luxe, kamu juga harus setting name server pada domain kamu. Setelah itu masuk cPanel pilih QuickInstall pada bagian Software/Services.

Quick InstallKedua, pada bagian Blog Software pilih platform yang kamu suka. Lagi-lagi saya ambil conoh WordPress. Setelah itu, kamu akan dimunculkan sebuah deskripsi dari wordpress. Klik continue. Isi data-data seperti pada Fantastico De Luxe. Klik Install.
Selamat kamu sudah berhasil membuat blog dengan QuickInstall.
 
Fantastico De Luxe vs QuickInstall
Hal pertama yang harus kamu benahi setelah membuat blog wordpress baik dari Fantastico atau QuickInstall adalah biodata blog dan password.
Saya sendiri lebih memilih cara buat blog dengan Fantastico. Alasannya karena status fantastico yang sudah final, sedangkan QuickInstall masih Beta.
Jika kamu berniat membeli hsotgator, saya punya cashback dan coupon ~50% untuk pembelian shared host paket baby plan. Untuk info klik di sini.

Yah, itulah pengalam saya tentang cara membuat blog wordpress pada Hostgator, jika kamu mengalami kesulitan atau ada yang ditanyakan, jangan sungkan untuk berkomentar.

Komentar