Apa itu Domain dan Hosting ..? Cari Uang dari Internet ..?

 Singkatnya domain adalah sebuah nama atau alamat yang dipakai untuk mengunjungi website dan hosting adalah tempat dimana website dan domain tersbut tinggal.
Kenyataannya, cara kerja domain dan hosting tidak sesedehana itu. Domain memakai sebuah alamat komputer yang disebut IP address, lalu di arahkan pada nama domain.
Sedangkan, hosting adalah sebuah komputer/server yang memiliki webserver dimana sebuah website ditempatkan dan domain.
Ada beberpa jenis domain yang harus kita tahu. Tujuannya, agar kita tahu harus memilih domain mana yang tepat untuk website yang akan kita buat. Hostingpun demikian.

Mitos Mencari Uang dari Internet

Dewasa ini internet sudah menjadi bagian dari masyarakat. Peran internet sangatlah vital bagi manusia, mereka (kebanyakan) memakai internet untuk mencari informasi dan berbagi informasi. Hampir tiap informasi yang beredar sekarang tidak terlepas dari peran internet.
Pertanyaannya, apakah internet terbatas hanya untuk mencari atau berbagi informasi saja?

Tentu tidak, jika kita pandai melihat peluang, internet bisa kita manfaatkan sebagai alat untuk mencari uang. Peluang ini sangat terbuka lebar. Tentunya kamu harus mempunyai sebuah website/blog untuk mendukung hal itu.
Dari mana harus memulai?
Pertama kita harus mengenal dahulu dengan yang namanya Domaing dan Hostung. Kita ketahui sebelumnya Hosting adalah tempat yang dapat kita gunakan untuk menyimpan website atau blog yang bisa diakses oleh pengguna internet lain, sedangkan domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses blog atau website tersebut.
Jika diibaratkan hosting adalah tempat atau tanah untuk membangun sebuah rumah, sedangkan domain adalah nama jalan atau alamat rumah tersebut. Kisah Cak Beon dan Pakde Top di bawah bisa mengenalkan apa itu hosting dan domain.

Mengenal Domain dan Hosting

Tidak seperti dulu, sekarang kita sudah bisa membuat blog atau website tanpa latar pendidikan TI. Artinya siapa saja bisa memulai, asalkan itu tadi memiliki Hosting dan Domain.
Apa tidak ada yang gratis? ada, tetapi umumnya domain dan hosting gratis tidak sebaik domain dan hosting berbayar, pasti ada kelemahan-kelemahan pada setiap pilihannya.

Pemakaian Domain dan Hosting

Kita juga bisa memilih domain gratis seperti, “.co.cc“, “.co.cz“, “.co.tv” dan lain-lain. Kendalanya, domain gratisan tersebut tidak sehebat domain berbayar atau sering disebut “Top Level Domain“, seperti “.com“, “.net“, “.org“, “.biz“, “.info“, dan masih banyak lainnya.
Domain gratis biasanya menjadi halangan apabila kita mendaftarkan website/blog dengan domain gratis tersebut ke penyedia layana periklanan atau mau dikomersilkan, banyak penyedia layanan iklan atau layanan lainnya yang dalam TOS mereka tidak menyetujui website dengan domain gratis.
Hosting pun sama, banyak penyedia layanan hosting yang tidak memberikan biaya apabila kita berniat mendaftar dilayanan hosting gratisan. Kendalanya, hosting gratisan biasanya tidak stabil dan support yang diberikan pun sangat kurang.
Fitur hosting gratisan pun terbilang sangat minim, seperti bandwidth (besar data transfer yang terpakai untuk 1 halaman website yang ditampilkan ke pengunjung dari webserver) yang terbatas dan space (media menyimpan data) yang kecil. Lebih jelasnya tentang hosting akan saya jelaskan di bawah.

Berbagai Jenis Hosting

Perlu diketahui, ada beberapa jenis hosting dipenyedia layanan hosting. Berikut keterangan pendek tentang macam-macam hosting tersebut:
  • Free Hosting Service: Hosting tanpa biaya sepeser pun tetapi, support dan fitur yang diberikan sangat minim, kadang-kadang terdapat iklan.
  • Shared Hosting Service: Lebih baik dari Free Hosting Service, shared hosting relatif lebih stabil dan pelayanan yang diberikan lebih baik. Di sini website kita disimpan di CPU yang dipakai bersama dengan website lainnya, tetapi stabilitas website akan terjaga. Kelemahannya adalah ketika pengunjung mencapai batas resource penggunaan CPU, website kita akan down.
  • Dedicated Hosting Service: Yang ini hampir tidak mempunyai kelemahan, hanya saja biaya yang dikeluarkan relatif mahal. Di sini kita memakai full satu server untuk website kita sendiri. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita, konfig sana sini dan layanan super cepat dari Support Hosting.
  • Cloud Hosting Services: Kalau ini lebih powerfull lagi, jenis server ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan menghendelnya atau backup dari server yang down. Untuk harga saya tidak bisa menyebutkan, tetapi kebanyakan dihitung bukan per bulan, tetapi per jam.
Hosting dan Domain
Add caption
Hosting Server

Saran Saya…

Jika kamu berniat membuat website yang dikomersilkan, jangan mulai dengan domain dan hosting yang gratisan. Ingat, kecepatan adalah segalanya untuk bisnis dan free hosting biasanya tidak begitu cepat.
Domain .com dan .net sangat cocok jika kita ingin membuat sebuah blog atau website komersil. Keduanya merupakan TLD domain yang sudah terbukti SEO.
Memilih hosting pun demikian, di luar sana sangat banyak hosting gratisan. Tetapi, ketika kita membuat suatu bisnis, memakai free hosting adalah sebuah kesalahan. Saya percaya bahwa uang akan membuat uang lannya. Untuk memulai saya sangat mrekomendasikan sharedhosting hawkhost atau hostgator.

Komentar