5 Daftar Domain Gratis Search Engine Friendly

Domain gratis memang ada. Tentu, domain yang ini benar-benar gratis. Kamu tidak diminta untuk membayar sedikitpun untuk registrasi domain ini selama masih tersedia. Hebatnya meskipun free domain, domain gratis ini ternyata search engine friendly.
Jika kamu masih baru dan tidak tahu apa itu domain, kamu bisa membaca tulisan saya di tentang “apa itu domain dan hosting“.
Cara membuat domain gratis ini tidak sulit. Kamu hanya perlu mendaftar dan setelah itu baru mencari nama domain yang kamu suka secara cuma-cuma.
Catatan: meskipun domain gratis, jangan sampai kamu dianggap spam karena tidak serius.

Domain gratis ini bisa kamu gunakan untuk percobaan project kamu atau untuk belajar. Saya sendiri dulu belajar cara membuat blog wordpress menggunakan domain gratis. Domain apa? saua memakai .co.cc.
Tips saya untuk memilih domain. Gunakan nama yang pastinya mudah diingat dan tidak terlalu panjang, kalau bisa dibawah 8 huruf.

6 Daftar Penyedia Domain Gratis

1. Free domain .co.cc
Domain gratis .co.cc membolehkan kita meregistrasikan domain secara gratis sebanyak dua domain. Jika kamu ingin mendaftarkan domain lagi, kamu harus memberikan donasi.
Meskipun gratis, domain ini menyediakan berbagai fitur menarik. Seperti untuk Google aps dan Amazon. Selain kita domain gratis .co.cc juga setting DNS CNAME, NS, A, MX, dan TXT records.
Untuk mencoba domain .co.cc kamu bisa mengunjunginya ke http://www.co.cc.
2. Free domain .tk
Domain gratis yang kedua adalah .tk. Jujur saja, saya sendiri belum mencobanya. Namun saya sering melihat domain .tk ini digunakan oleh banyak blogger Indonesia.
Dimana saya menemukannya?
Saat melakukan pencarian di google. Artinya domain ini search engine friendly. Akan tetapi, dari beberapa forum yang saya baca. Performa domain .tk sedikit lambat sekarang.
Untuk mencoba domain .tk kamu bisa mengunjunginya ke http://www.dot.tk
3. Free domain .co.nr
Domain gratis .co.nr hanya bekerja sebagai URL redirection, mereka mendukung meta tags, URL forwarding, favicon, Google Webmaster Tools, dll. Sayangnya domain gratis ini tidak mendukung DNS.
.co.nr sendiri online sejak 2003, jadi kamu bisa percaya dengan kridebilitas mereka.
Untuk mencoba domain .co.nr kamu bisa mengunjungi ke http://www.freedomain.co.nr
4. Free domain .co.nf
Sebenarnya domain .co.nf adalah domain gratis yang disediakan oleh Hosting Biz.nf. Hosting Biz.nf sendiri menyediakan free hosting sebesar 250MB dan Bandwidth 5000MB.
Biz.nf menyediakan fitur hosting yang cukup baik, seperti PHP Hosting, MySQL, CGI, dan FTP. Di Biz.nf kita bisa install software seperti wordpress, drupal, dan joomla dengan site bulder mereka.
Domain dan Hosting gratis ini berdiri sejak 2008. Untuk mendapatkan domain gratis .co.nf kamu bisa mengunjungi di http://www.biz.nf/
5. Free domain .free
.free domain name
Add caption
.free domain name
Domain gratis yang ke-5 datang dari .free. Kabarnya domain .free ini merupakan domain yang gratis hanya untuk prelaunch saja, setelah itu domain ini tidak akan lagi gratis.
Hebatnya .free domain adalah domain yang berpotensi besar, Amazon dan Google memiliki daftar domain yang memiliki potensi besar dalam bisnis dan salah satunya adalah .free domain.
Sayangnya untuk sekarang, domain ini masih belum bisa dipakai. Kita hanya bisa meregistrasikan domain saja, namun maksimal domain yang bisa kita registrasikan adalah 20.
Jadi jangan sampai ketinggalan domain .free ini, kamu bisa memesan domain .free di http://www.dotfree.com.

Mana yang saya pakai?

Saya lebih merekomendasikan .co.cc, servisnya sudah terbukti hebat. Kamu tidak perlu takut lagi .co.cc de-index, karena sekarang google sudan meng-index kembali domain .co.cc. Alasan lain adalah fiturnya, kita bisa memakai domain ini untuk blogspot maupun untuk wordpress.

Top Level Domain Provider Murah

Jika kamu tidak ingin memakai domain gratis dan ingin memakai domain TLD, kamu bisa mendaftarkan domain kamu secara murah bahkan gratis.
Masterweb
Di masterweb kamu bisa meregistrasikan domain sampai Rp 52.000,-, tergantung dari penawaran mereka. Rata-rata harga domain yang mereka tawarkan berkisar antara Rp 35.000,- sampai Rp 75.000.
GoDaddy
Di GoDaddy kamu bisa mendapatkan domain sebesar US$ 1, tetapi itu juga jika kamu punya kupon. Harga standard domain yang mereka tawarkan seperti .com adalah US$ 10. Dengan kupon biasanya saya mendapatkan harga US$6,25
Selain itu, yang menarik dari GoDaddy kita bisa menerapkan kupon untuk memperpanjang domain.
Namecheap
Ini adalah domain provider favorit saya. Kenapa? Karena fiturnya yang banyak dan juga namecheap bisa update DNS yang cepat.
Di GoDaddy dan Masterweb, saya update DNS bisa memakan waktu samapi 24 jam, tetapi di namecheap saya bisa update hanya 2 jam saja.
Untuk harga, saya pernah mendapatkan promo domain US$ 1 + whois privacy. Standarnya jika kamu membeli dengan kupon kamu bisa mendapatkan harga domain di namecheap sebesar US$ 7 + bonus whois privacy.

Komentar