Perhatikan cara mengukur capasitor pada Televisi yang akan diperbaiki

Pengukuran yang salah kaprah ? 

     Televisi model Slim dan Flat banyak dijumpai kerusakan pada bagian capasitor yang ada di daerah horizontal out ,kerusakan umum yang sering terjadi adalah jebolnya transisitor horizontal out secara langsung atau langsung co.id .

 Capasitor ini umumnya milar ,dengan tegangan kerja tinggi seperti contoh untuk CTV LG, c423 dan c431, Sedangkan merk polytron adalah c801 nilainya 300mf400volt (nilai berbeda tergantung inchi ) Untuk merk sharp nilai capasitornya 33mf30volt
problem lg slim gambar komponen yang sering rusak
Saya sering menerima pertanyaan dari rekan rekan teknisi ,tentang problem dari tv slim/flat, dimana hampir semua keluhan nya transistor horizontal jebol terus ,saya sering bertanya apakah capasitor nya bagus ?” mereka kebanyakan menjawab :” bagus ! “.

Ada satu hal yang membuat saya jadi heran ,kenapa mereka menyimpulkan bahwa  capasitor mylar tersebut bagus ,lalu saya tanya “berapa nilai yang terukur ?” ,mereka diam .”pokok nya bagus sudah saya ukur” ,saya tanya kamu gimana cara ngukurnya ? jawabanya adalah “pake avo meter skala ohm x10K , jarum nya bergerak sebentar lalu kembali ke tempat semula “ .
Hal seperti diatas bukan dari satu orang teknisi ,namun hampir semua teknisi mempunyai persepsi yang sama dalam metode pengukuran capasitor .

 Saya tidak tahu sumber tersebut berasal dari mana ?. Kalau kita perhatikan dari cara mengukur capasitor ,dengan mangguanakan metode skala ohm  ,menurut saya adalah salah kaprah , itu hanyalah salah satu teory tentang capsitor ,dimana capasitor atau elco , bila diberikan tegangan maka akan mengalirkan arus (mengisi/charging)Atau resistansinya turun ,tidak jauh bedanya dengan proses pengisian ACCU/AKI, bila accu kosong maka akan mengalir arus ,tapi kalau sudah penuh arus tidak akan mengalir sama sekali / resistansinya tinggi ,elco yang sudah terisi penuh juga dapat membuang isi/muatannya(discharge).
TEORY CAPASITOR
gambar untuk kepentingan blog 006

Kesimpulannya adalah gunakanlah alah ukur yang sesuai ; bila mengukur panjang gunakanlah meteran ,mengukur berat gunakanlah timbangan ,
,bila mengukur capasitor dibagian horizontal out sebaiknya diukur menggunakan alat ukur yang benar ,artinya jika capsitor yang diukur maka gunakanlah capasitor meter.
 Capasitor dibagian ini sangat kritis ,sebaiknya diganti dengan nilai yang sama . Untuk transistor yang jebol dengan nomor parts  c6090 ,bisa diganti dengan J6810 ,bentuk fisiknya lebih besar ,tapi lebih dingin ,transisto ini biasa digunakan oleh monitor komputer LG , TV slim ini juga sebetulnya mengadaptasi dari PC monitor dalam hal pengaturan geometri , sudah kita ketahui bersama bahwa monitor pc yang masih crt .geometri nya ada di menu user ,jadi kita bisa melebarkan gambar bagian kiri saja atau kanan saja atau keduanya ,menu untuk geometri di monitor PC komplit , bagian vertikal dan horizontalnya bisa diatur .

Hati hati dipasaran banyak dijumpai transistor c6090  yang palsu !! , bila dipasang transistor ini sangat panas , ternyata setelah diukur hfe transistor  palsu ini besar , beda dengan transisitor c6090 yang asli hfe nya kecil . Saran , jika menemui kerusakan Horizontal out jebol ,maka ukurlah capasitor nya , atau klo tidak punya alat ukur sebaiknya langsung ganti saja .!

Komentar