dasar-dasar service elektronik (Televisi) | Belajar Seo Friendly 2014
Update posting lama terus dilakukan untuk memperbaiki beberapa demo yang tak lagi dapat di akses. Silahkan niknati postingnya dan jika ada yang perlu perbaikan mohon disampaikan. Informasi akan sangat membantu karena "update sekian banyak posting tentu tak akan mudah!" Semoga bermanfaat .....TEMPAT BELAJAR SEO FRIENDLY PEMULA ....................
Home » » dasar-dasar service elektronik (Televisi)

dasar-dasar service elektronik (Televisi)

BELAJAR MENJADI TEHKNISI ELEKTRONIK

Untuk menjadi seorang teknisi sngatlah mudah, asalkan anda serius dan mau berusaha bekerja keras...
Apalagi untuk menjadi teknisi televisi yang mempunyai keursakan yang berbeda-beda.
Lankah-lankah : 

> Menyiapkan alat yang di pergunakan seperti:
     - Obeng,solder,avometer dll
> Pastikan aliran listriknya dilepas
> Kamu harus mengetahui kerusakannya  (penyebab kerusakan)

Contohnya:
Kerusakan pada vertikal, coba kamu periksa driver pada rangkaian vertikal. Kalau drivernya baik, mungkin kerusakan pada IC vertikalnya.

> Jenis-jenis kerusakan dan cara mengetahui kerusakan :
1. mati total.
> jika pesawat televisi tiba-tiba mati, pertama kali yang harus dilakukan adalah :
a. buka smua skrup yang ada.
b. lihat apakah fuse/sekering putus,bila putus coba ganti dengan ukuran ampere yang sama trus nyalain. jika fuse putus lagi berarti daerah power suply yang rusak.

cara mengatasinya :
> Coba ukur elco yang paling besar.ukurannya biasanya 100uf/400v.ukur bolak-balik pake avometer skala 10 ohm.jika keduanya nyambung kemungkinan diode atau transistornya rusak.
- Coba test/ukur dioda yg ada di dekat saklar on/off,ada 4 buah.pake avometer di skala 10 ohm.ukur bolak-balik.jika nyambung keduanya berarti rusak.ganti dgn ukuran yang sama.
> Coba ukur transistor yang besar,berkaki tiga.ukur kaki nomor 2 dan 3 bolak-balik pake avometer skala 10 ohm.jika keduanya nyambung berarti rusak.ganti dengan nomor yang sama.
> jika elco besar diukur sudah tidak nyambung berarti suply udah bagus.coba nyalain lagi
> kalo masih ndak mau nyala coba ukur transistor horizontal yang ada deket plyback.caranya sama dgn diatas.jika rusak ganti dgn nomor yg sama.trus coba nyalain lagi.insyaallh tv dah bisa nyala.

Author : Ivan_KrBelajar Seo Friendly 2014

Ivan Karla Terima Kasih sobat sudah membaca artikel tentang dasar-dasar service elektronik (Televisi).yang kami publikasikan pada Rabu, 17 November 2010 Silahkan tinggalkan jejak pada form Komentar untuk mempermudah Ivan_Kr berkunjung kembali ke blog sobat.(Wassalam)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 komentar:

 
Support : Creating Website | Ivan Template | Makassar Bisnis
Copyright © 2011. Belajar Seo Friendly 2014 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger